Cara Mudah Memperkenalkan Perusahaan Anda Di Era Digital

Dalam menjalankan bisnis, pemasaran adalah salah satu langkah penting yang bisa memengaruhi perkembangan bisnis. Pemasaran diperlukan untuk memperkenalkan produk dan jasa yang kamu tawarkan kepada masyarakat luas. Berbeda dengan dulu, diera digital ini semuanya juga harus dilakukan secara digital, tak terkecuali proses pemasaran ini.



Nah, karena hampir semua orang indonesia sudah pada tau tentang internet, maka kamu juga harus mempertimbangkan untuk memaksimalkan guna keperluan bisnis. Ini dia stretegi bisnis di era digital yang harus kamu lakukan.




  • Kartu Nama AR (Augmented Reality)
Di era digital sudah banyak yang memakai kartu nama AR, yang akan memudahkan para klien untuk mengakses atau mengetahui informasi tentang prusahaan. Tidak perlu lagi mencari link ke link prusahaan dan ke aplikasi satu ke aplikasi satu lagi, semuanya sudah dijadikan satu untuk memberikan informasi kepada klien. 

  • Instagram
Instagram tentu menjadi salah satu media sosial terbaik untuk mempromosikan produk Anda. Akan tetapi, pemilik label Simple8 Corner, Carlina Eriano, mengingat untuk bisa memanfaatkan instagram dengan baik. Perhatikan kualitas foto produk yang akan dipromosikan dan caption itu sendiri.

Bisnis online perlu communication skll, ketika penjual berintraksi dengan pembeli hanya melalui online, jadi gambar dan caption harus jelas. Jangan asal masukin gambar.

  • Line Atau WhatsApp
Kini media komunikasi online seprti Line atau WhatsApp juga bisa dijadikan tempat promosi. Setiap ada produk baru, Carlina yang sudah 13 tahun berbisnis itu menyarankan untuk mempromosikannya melalui Line atau WhatsApp. Gunakan pula media komunikasi ini untuk menjalin hubungan kedekatan dengan konsumen agar mereka semakin loyal.

  • Market Place
Tak ada salahnya memanfaatkan maket place yang ada, Carlina pun melakukan hal tersebut untuk menjangkau pasar lebih luas. Dengan membuka toko onliine di market place seperti Tokopedia ata Shopee bisa mendaparkan pasar dari berbagai Indonesia.

  • Aktivisi Promosi Digital 
Carlina dan Florentina menganjurkan untuk menjalin komunikasi baik dengan konsumen lewati aktivitas yang dilakukan secara digital. Membberikan kuis, give away atau aktivitas menggunakan seperti hastag juga berpengaruh besar terhadap promosi produk Anda.






Adapun beberapa startegi lainnnnya agar bisnis  di era digital dapat dikenal oleh masyarakat luas.

  • Meningkatkan Customer Engagement dengan Mengoptimalkan Teknologi
Teknologi semakin berkembang untuk memberikan pemenuhan kebutuhan manusia secara praktis. Kamu bisa memasang aplikasi chat, seperti chatbot pada situs e-commerce kamu sehingga memudahkan konsumen dalam menjangkau customer service lebih cepat. Hal ini bisa meningkatkan engagement dengan calon pembeli. Pelanggan yang merasa puas akan kembali lagi ke situs kamu ketika mereka merasa butuh.

  • Memahami Perilaku Konsumen Lewat Forum Situs atau Media Sosial
Melalui teknologi digital, kamu juga bisa melihat perilaku konsumen. Melauli forum atau media sosial, perhatikan apa yang dibutuhkan oleh para konsumen, bagaimana kecendrungan belanja mereka, barang apa saja yang sedang populer dan sebagainya. Pengetahuan akan perilaku konsumen ini sangat penting sebagai landasan untuk mengembangkan bisnis, terutama ketika kamu ingin melakukan berbagai inovasi.

  • Mematangkan Strategi Digital Itu Sendiri
Punya rencana digital saja tidak cukup. Kamu harus juga mempertimbangkannya secara matang dan memastikan bahwa strategi itu bisa membuat unggul dari para pesaing lainnya. Strategi digital yang kamu rancang harus mampuh mentrasformasikan bisnimu secara menyeluruh, tidak hanya terfokus pada strategi secara individual.

  • Membekali SDM dengan Pengetahuan Digital
Kalau kamu saja yang melek digital tapi karyawan masih gaptek, tentu hal ini akan menghambat proses eskekusi lainnya. Pastikan kamu merekrut denerasi yang melek teknologi sehingga bisa melakukan semuanya secara digital dengan lancar. Jika karyawan kamu belum matang secara teknologi, kamu bisa melakukan sosialisai untuk membekali mereka dengan keterampilan digital yang memadai.

  • Tidak Takut Mengambil Resiko
Selalu ingatlah pepatah yang mengatakan "no pain no gain". Konsep ini juga berlaku untuk ketika kamu menerapkan konsep digital dalam bisnis. Digitalisasi ini penting untuk membangun bisnis agar kamu tidak ketinggalan dengan para pesaingmu dan kamu jadi harus siap dengan segala resikonya. Selalu ingat bahwa kegagalan adala hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembangunan bisnis






Post a Comment

1 Comments

  1. saya punya usaha bisnis, saya coba pakai jasa pembuatan website tangerang memang terbukti sih jd lebih banyak customer yang menghubungi saya tanpa saya harus repot" promosi ke jalan - jalan.

    ReplyDelete