Cara Agar Bisnis Kamu Mendapatkan Pelanggan



Pelanggan merupakan satu hal terpenting dalam bisnis, karena dengan adanya pelangganlah bisnis kita bisa bertahan dan berkembang. Memiliki banyak pelanggan merupakan impian setiap pemilik bisnis. Menemukan pelanggan atau konsumen baru adalah sebuah tantangan penting dalam setiap bisnis.
Namun, sebagai pemilik bisnis yang baik, kita tidak bisa hanya fokus menjaring pelanggan baru dan melupakan pelanggan setia. Karena tanpa pelanggan setia, bisnis kamu sudah hancur sejak mulai berjalan.
Simak bagaimana cara menarik pelanggan.

1. Maksimalkan Sosial Media
Sosial media bukan hanya sarana yang tepat untuk promosi saja, tetapi bisa juga menjadi rahasia efektif dalam menjaring pelanggan baru serta menyapa para pelanggan setia. Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan berbagai sosial media.

Anggap saja rahasia menarik pelanggan baru yang satu ini seperti jaring laba-laba. Jika jaring tersebut semakin kuat dan luas tentu semakin besar juga kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menangkap mangsa dalam jumlah yang lebih besar.

Tapi, Anda harus selalu update media sosial yang Anda pakai untuk berbisnis. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda masih berada di lingkaran pergaulan klien atau pelanggan. Dengan ini, Anda juga bisa mengingatkan pelanggan bahwa Anda berada disana. Jadi saat mereka membutuhkan produk tertentu, mereka akan pergi ke toko Anda bukan ke kompetitor.

2.Jangan Lupa Jaringan di Dunia Nyata
Ya, Anda memang perlu memaksimalkan networking atau jaringan di dunia maya lewat sosial media. Namun, tidak berarti Anda melupakan networking di dunia nyata. Coba Anda telusuri, apakah pelanggan yang Anda temui tersebut merupakan pelanggan sebelumnya atau mereka memang seseorang yang sudah kita kenal sebelumnya.

Rahasia menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia adalah dengan tetap membangun hubungan yang baik dengan cara tradisional. Dengan bertemu orang, kita pun akan memiliki jaringan yang lebih luas. Jadi, bertemanlah dengan pelanggan tersebut dan jangan pernah lupa membawa kartu nama kemana pun Anda pergi.

Jika kita memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan, bukan tidak mungkin jika kita bisa mendapatkan pelanggan baru dari mereka. Karena kita tidak bisa meremehkan kekuatan “dari mulut ke mulut”.

3. Aplikasikan Strategi Marketing yang Berbeda-beda
Dalam menjalankan strategi pemasaran, ada baiknya untuk tidak terpaku dengan satu strategi yang sama setiap saat. Cobalah untuk menggunakan strategi marketing yang tidak sama. Misalnya, Anda bisa menggunakan strategi marketing yang mencakup pemakaian teknologi baru seperti e-mail marketing. Anda bisa mencoba mengirim newsletter juga melalui email perusahaan untuk dikirim ke email pelanggan.
Kemudian, cobalah untuk menggunakan strategi marketing dalam jangka panjang tanpa melupakan adanya penanda atau milestone setiap bulannya. Dengan rahasia menarik pelanggan baru ini, temukan strategi marketing yang menurut Anda paling cocok untuk bisnis yang sedang Anda jalani. Namun, setelah menemukan yang cocok, bukan berarti Anda tidak mencoba mengkreasikan strategi lainnya lagi.

4. Carilah Rekan Bisnis
Salah satu strategi paling cepat untuk menjaring pelanggan baru adalah dengan mencari dan menemukan seorang rekan bisnis yang bisa membantu bisnis kita. Mungkin sebelumnya Anda jug sering melihat fenomena ini dalam bisnis. Yaitu saat dua perusahaan saling bekerjasama untuk 
mengiklankan produk mereka.
Bahkan adanya akuisisi bisa dibilang sebagai bentuk dari kerjasama bisnis. Namun, akuisisi ini bisa dibilang sebagai bentuk kerja sama yang kuat. Jadi, carilah rekan bisnis yang tepat dan sukses bersama dalam bisnis. Karena dalam rahasia menarik pelanggan baru, terlalu bersaing secara ketat juga hanya akan membuka pintu peluang untuk pelaku bisnis lainnya.
Misalnya Anda bisa bekerjasama dalam hal membagikan voucher belanja atau diskon belanja. Dalam hal ini, contohnya Anda memberikan voucher belanja atau diskon pada rekan bisnis untuk ia bagikan pada pelanggan yang membeli produk atau jasanya.  Jadi, jika seorang pelanggan rekan bisnis membeli produk atau jasa dengan harga tertentu misalnya, mereka akan mendapatkan voucher belanja di tempatmu. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menggaet pelanggan baru.

5. Buat Diskon atau Gift Away
Rahasia menarik pelanggan baru yang selanjutnya adalah dengan membuat diskon dan memberi hadiah atau gift away. Coba ingat kembali kapan Anda terakhir kali menawarkan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan? Mulai sekarang cobalah untuk memberikan diskon, gift away atau penawaran khusus lainnya secara rutin pada pelanggan.
Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memberikan diskon. Misalnya saat hari besar seperti HUT RI, hari anniversary toko, hari belanja online nasional dan lain sebagainya. Banyak pebisnis yang memberikan diskon atau penawaran spesial lainnya untuk menjaring customer baru dan mempertahankan pelanggan lama. Jadi, mengapa Anda tidak mencobanya juga?

6. Buat Kompetisi dan Lomba Berhadiah
Selain menawarkan diskon, membuat kompetisi atau lomba berhadiah bisa menjadi strategi lain untuk mendapatkan pelanggan baru. Salah satu contoh rahasia menarik pelanggan baru dengan cara ini adalah dengan membuat kompetisi untuk para pelanggan kita agar mempromosikan bisnis kita di media sosial tertentu seperti Instagram.
Misalnya, para pelanggn diminta untuk membagikan sebuah postingan promosi dan tag teman-teman mereka. Selain bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan menjaring pelanggan baru dengan cara ini.

7. Cek Kembali Laporan Produk
Anda telah menempuh berbagai jalan tetapi ternyata pelanggan baru yang diinginakan tak kunjung datang? Hal ini bisa jadi bukan karena cara yang Anda lakukan salah, tetapi justru produk yang Anda tawarkan saat ini masih belum tepat atau belum bisa menarik pelanggan.
Jika yang terjadi adalah demikian, rahasia menarik pelanggan baru yang tepat adalah dengan melalukan pemeriksaan kembali database dan lihatlah apakah ada kesalahan mengenai produk yang Anda tawarkan. Jika belum yakin dengan apa masalahnya, Anda bisa melakukan survey atau meminta feedback pelanggan setelah mereka melakukan transaksi pembelian. Untuk mempermudah meminta feedback pelangga.
Perusahaan yang sudah berkembang juga sering menempuh cara ini untuk mencari tahu penilaian masyarakat terhadap produk serta layanan yang diberikan. Dengan mengetahui apa yang pelanggan dan masyarakat harapkan dari produk kita, kita bisa dengan mudah menentukan peningkatan kualitas macam apa yang tepat untuk produk maupun layanan yang kita berikan.


Post a Comment

0 Comments