Pelanggan merupakan satu hal terpenting dalam
bisnis, karena dengan adanya pelangganlah bisnis kita bisa bertahan dan
berkembang. Memiliki banyak pelanggan merupakan impian setiap pemilik bisnis.
Menemukan pelanggan atau konsumen baru adalah sebuah tantangan penting dalam
setiap bisnis.
Namun, sebagai pemilik bisnis yang baik, kita tidak
bisa hanya fokus menjaring pelanggan baru dan melupakan pelanggan setia. Karena
tanpa pelanggan setia, bisnis kamu sudah hancur sejak mulai berjalan.
Simak bagaimana cara menarik pelanggan.
1. Maksimalkan Sosial Media
Sosial media bukan
hanya sarana yang tepat untuk promosi saja, tetapi bisa juga menjadi rahasia
efektif dalam menjaring pelanggan baru serta menyapa para pelanggan setia.
Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan
berbagai sosial media.
Anggap saja rahasia
menarik pelanggan baru yang satu ini seperti jaring laba-laba. Jika jaring
tersebut semakin kuat dan luas tentu semakin besar juga kita bisa mendapatkan
kesempatan untuk menangkap mangsa dalam jumlah yang lebih besar.
Tapi, Anda harus selalu
update media sosial yang Anda pakai untuk berbisnis. Hal ini dilakukan untuk
memastikan bahwa Anda masih berada di lingkaran pergaulan klien atau pelanggan.
Dengan ini, Anda juga bisa mengingatkan pelanggan bahwa Anda berada disana.
Jadi saat mereka membutuhkan produk tertentu, mereka akan pergi ke toko Anda
bukan ke kompetitor.
2.Jangan Lupa Jaringan di
Dunia Nyata
Ya, Anda memang perlu
memaksimalkan networking atau jaringan di dunia maya lewat sosial
media. Namun, tidak berarti Anda melupakan networking di dunia nyata.
Coba Anda telusuri, apakah pelanggan yang Anda temui tersebut merupakan
pelanggan sebelumnya atau mereka memang seseorang yang sudah kita kenal
sebelumnya.
Rahasia menarik
pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia adalah dengan tetap
membangun hubungan yang baik dengan cara tradisional. Dengan bertemu orang,
kita pun akan memiliki jaringan yang lebih luas. Jadi, bertemanlah dengan
pelanggan tersebut dan jangan pernah lupa membawa kartu nama kemana pun Anda
pergi.
Jika kita memiliki
hubungan yang baik dengan pelanggan, bukan tidak mungkin jika kita bisa
mendapatkan pelanggan baru dari mereka. Karena kita tidak bisa meremehkan
kekuatan “dari mulut ke mulut”.
3. Aplikasikan Strategi
Marketing yang Berbeda-beda
Dalam menjalankan
strategi pemasaran, ada baiknya untuk tidak terpaku dengan satu strategi yang
sama setiap saat. Cobalah untuk menggunakan strategi marketing yang tidak sama.
Misalnya, Anda bisa menggunakan strategi marketing yang mencakup pemakaian teknologi
baru seperti e-mail marketing. Anda bisa mencoba mengirim newsletter juga
melalui email perusahaan untuk dikirim ke email pelanggan.
Kemudian, cobalah untuk
menggunakan strategi marketing dalam jangka panjang tanpa melupakan adanya
penanda atau milestone setiap bulannya. Dengan rahasia menarik pelanggan
baru ini, temukan strategi marketing yang menurut Anda paling cocok untuk
bisnis yang sedang Anda jalani. Namun, setelah menemukan yang cocok, bukan
berarti Anda tidak mencoba mengkreasikan strategi lainnya lagi.
4. Carilah Rekan Bisnis
Salah satu strategi paling
cepat untuk menjaring pelanggan baru adalah dengan mencari dan menemukan
seorang rekan bisnis yang bisa membantu bisnis kita. Mungkin sebelumnya Anda
jug sering melihat fenomena ini dalam bisnis. Yaitu saat dua perusahaan saling
bekerjasama untuk
mengiklankan produk mereka.
Bahkan adanya akuisisi
bisa dibilang sebagai bentuk dari kerjasama bisnis. Namun, akuisisi ini bisa
dibilang sebagai bentuk kerja sama yang kuat. Jadi, carilah rekan bisnis yang
tepat dan sukses bersama dalam bisnis. Karena dalam rahasia menarik pelanggan
baru, terlalu bersaing secara ketat juga hanya akan membuka pintu peluang untuk
pelaku bisnis lainnya.
Misalnya Anda bisa
bekerjasama dalam hal membagikan voucher belanja atau diskon belanja. Dalam hal
ini, contohnya Anda memberikan voucher belanja atau diskon pada rekan bisnis
untuk ia bagikan pada pelanggan yang membeli produk atau jasanya. Jadi,
jika seorang pelanggan rekan bisnis membeli produk atau jasa dengan harga
tertentu misalnya, mereka akan mendapatkan voucher belanja di tempatmu. Ini
bisa menjadi cara yang efektif untuk menggaet pelanggan baru.
5. Buat Diskon atau Gift
Away
Rahasia menarik
pelanggan baru yang selanjutnya adalah dengan membuat diskon dan memberi
hadiah atau gift away. Coba ingat kembali kapan Anda terakhir kali
menawarkan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan? Mulai sekarang cobalah
untuk memberikan diskon, gift away atau penawaran khusus lainnya
secara rutin pada pelanggan.
Anda bisa memanfaatkan
waktu-waktu tertentu untuk memberikan diskon. Misalnya saat hari besar seperti
HUT RI, hari anniversary toko, hari belanja online nasional dan lain
sebagainya. Banyak pebisnis yang memberikan diskon atau penawaran spesial
lainnya untuk menjaring customer baru dan mempertahankan pelanggan lama. Jadi,
mengapa Anda tidak mencobanya juga?
6. Buat Kompetisi dan Lomba
Berhadiah
Selain menawarkan
diskon, membuat kompetisi atau lomba berhadiah bisa menjadi strategi lain untuk
mendapatkan pelanggan baru. Salah satu contoh rahasia menarik pelanggan
baru dengan cara ini adalah dengan membuat kompetisi untuk para pelanggan kita
agar mempromosikan bisnis kita di media sosial tertentu seperti Instagram.
Misalnya, para pelanggn
diminta untuk membagikan sebuah postingan promosi dan tag teman-teman
mereka. Selain bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Anda juga bisa
mendapatkan kesempatan menjaring pelanggan baru dengan cara ini.
7. Cek Kembali Laporan
Produk
Anda telah menempuh
berbagai jalan tetapi ternyata pelanggan baru yang diinginakan tak kunjung
datang? Hal ini bisa jadi bukan karena cara yang Anda lakukan salah, tetapi
justru produk yang Anda tawarkan saat ini masih belum tepat atau belum bisa
menarik pelanggan.
Jika yang terjadi
adalah demikian, rahasia menarik pelanggan baru yang tepat adalah dengan
melalukan pemeriksaan kembali database dan lihatlah apakah ada kesalahan
mengenai produk yang Anda tawarkan. Jika belum yakin dengan apa masalahnya,
Anda bisa melakukan survey atau meminta feedback pelanggan setelah mereka
melakukan transaksi pembelian. Untuk mempermudah meminta feedback pelangga.
Perusahaan yang sudah
berkembang juga sering menempuh cara ini untuk mencari tahu penilaian
masyarakat terhadap produk serta layanan yang diberikan. Dengan mengetahui apa
yang pelanggan dan masyarakat harapkan dari produk kita, kita bisa dengan mudah
menentukan peningkatan kualitas macam apa yang tepat untuk produk maupun
layanan yang kita berikan.
0 Comments