5 Tips Kesuksesan Internet Marketing Bisnis


Apakah Anda sedang mencari cara bisnis online dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau, apakah Anda juga sedang mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan lewat internet?

Tenang, Anda berada di tempat yang tepat, dan Anda tidak sendirian. Banyak orang-orang di luaran sana yang sedang melakukan hal serupa.
Internet yang saat ini memunculkan dunia virtual, ternyata mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan lebih cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama (full time bisnis online).
1. Gunakan email marketing
Beberapa orang banyak yang bilang  jika strategi email marketing adalah cara yang kuno dalam internet marketing. Namun kamu jangan salah, teknik seperti ini nampaknya tetap efektif hingga sekarang. Calon konsumen baru maupun konsumen setia yang bersedia menerima informasi mengenai bisnis lewat email adalah pangsa pasar yang menjanjikan.
Email marketing mampu untuk meningkatkan awareness maupun engagement konsumen tersebut untuk menggunakan produk kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan strategi email blast yang tersusun dan terencana. Lakukan pengiriman email mengenai tawaran dan promo menarik secara berkala.
2. Gunakan strategi omnichannel
Strategi omnichannel adalah salah satu tren dalam dunia internet marketing yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2019 ini. Sebenarnya, strategi ini bisa diartikan sebagai model bisnis lintas channel yang diterapkan perusahaan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen. Dalam melakukan strategi ini kamu perlu memasarkan produk di sebuah website, hingga media sosial bisnis. Selain itu, tawarkan pula kemudahan dalam transaksi dan pengiriman, di sinilah kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi untuk menekan pengeluaran.
Strategi omnichannel memiliki keunggulan dalam dunia internet marketing. Salah satunya ialah dari segi pemasaran maupun penjualan dapat terintegrasi dengan baik dan tanpa putus. Maka tidak mengherankan bila strategi ini mampu meningkatkan engagement kepada konsumen sebesar 89 persen dalam penelitian yang dilakukan oleh invesp.
3. Konten yang menarik
Setidaknya sampai saat ini konten adalah hal penting dan banyak dilakukan dalam melakukan internet marketing. Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu membuat konten yang menarik pada waktu-waktu tertentu. Konten ini bisa berupa video, foto, maupun tulisan menarik mengenai produk atau bisnis kamu di website.
Meski begitu, ada hal yang perlu diperhatikan saat membuat konten. Misalnya untuk tulisan, kamu perlu memperhatikan kata kunci. Begitu juga dengan postingan foto, perhatikanlah caption atau hashtag yang sering digunakan. Sementara untuk video, agar makin menarik kamu bisa menggunakan influencer untuk meningkatkan ‘daya jual’ bisnis.
4. Mobile friendly
Internet saat ini memang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Hampir setiap hari atau setiap waktu kita mengaksesnya. Beberapa tahun belakangan terjadi perubahan dalam mencari informasi internet. Jika sebelumnya, kebanyakan orang menggunakan laptop atau PC kini mulai bergeser ke smartphone.
Hal tersebut memang dipengaruhi oleh meningkatnya pengguna smartphone. menyebutkan pengguna smartphone di Indonesia mencapai sekitar 70,96 persen. Tentu ini merupakan peluang besar bagi pelaku internet marketing dalam menunjang kesuksesan bisnis. Kamu bisa membuat aplikasi, pemasaran, atau website yang bisa diakses melalui smartphone (mobile friendly) ini untuk menaring calon konsumen baru yang potensial.
5. Bangun branding yang kuat
Coba kamu telaah kembali, dari mana orang mengenal bisnis kamu? Apa yang membuat bisnismu beda dari lainnya? Dalam dunia internet marketing, diperlukan adanya branding untuk menjawab pertanyaan tersebut. Branding sendiri tidak lain adalah sebuah usaha yang kamu lakukan untuk mengenalkan bisnis kepada dunia luar. Terlebih dalam internet marketing, persaingan bisnis pun sangat ketat.
Penting bagi kamu untuk membangun branding yang menarik melalui media sosial atau website. Satu hal yang perlu dihindari dalam melakukan branding adalah tonjolkan keunggulan bisnis. Selain itu, kamu sebaiknya jangan menjatuhkan kompetitor dengan tuduhan negatif, karena sekali hal ini terjadi maka reputasi bisnismu akan dipandang sebelah mata bahkan justru menjatuhkan bisnismu sendiri.

Post a Comment

0 Comments