Apakah
Anda sedang mencari cara bisnis online dan ingin mendapatkan penghasilan
tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau, apakah Anda juga sedang mencari
peluang usaha yang bisa dikerjakan lewat internet?
Tenang, Anda
berada di tempat yang tepat, dan Anda tidak sendirian. Banyak orang-orang di
luaran sana yang sedang melakukan hal serupa.
Internet yang
saat ini memunculkan dunia virtual, ternyata mampu mendorong kita untuk
membangun bisnis dengan lebih cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan
utama (full time bisnis online).
1. Gunakan
email marketing
Beberapa orang banyak yang bilang jika strategi email
marketing adalah cara yang kuno dalam internet marketing. Namun
kamu jangan salah, teknik seperti ini nampaknya tetap efektif hingga sekarang.
Calon konsumen baru maupun konsumen setia yang bersedia menerima informasi
mengenai bisnis lewat email adalah pangsa pasar yang menjanjikan.
Email marketing mampu untuk
meningkatkan awareness maupun engagement konsumen
tersebut untuk menggunakan produk kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan
strategi email blast yang tersusun dan terencana. Lakukan
pengiriman email mengenai tawaran dan promo menarik secara berkala.
2. Gunakan
strategi omnichannel
Strategi omnichannel adalah salah satu tren
dalam dunia internet marketing yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2019
ini. Sebenarnya, strategi ini bisa diartikan sebagai model bisnis lintas channel yang
diterapkan perusahaan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen. Dalam melakukan
strategi ini kamu perlu memasarkan produk di sebuah website, hingga
media sosial bisnis. Selain itu, tawarkan pula kemudahan dalam transaksi dan
pengiriman, di sinilah kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi untuk
menekan pengeluaran.
Strategi omnichannel memiliki keunggulan dalam
dunia internet marketing. Salah satunya ialah dari segi pemasaran
maupun penjualan dapat terintegrasi dengan baik dan tanpa putus. Maka tidak
mengherankan bila strategi ini mampu meningkatkan engagement kepada
konsumen sebesar 89 persen dalam penelitian yang dilakukan oleh invesp.
3. Konten
yang menarik
Setidaknya sampai saat ini konten adalah hal penting dan banyak
dilakukan dalam melakukan internet marketing. Maka dari itu,
sebaiknya kamu perlu membuat konten yang menarik pada waktu-waktu tertentu.
Konten ini bisa berupa video, foto, maupun tulisan menarik mengenai produk atau
bisnis kamu di website.
Meski begitu, ada hal yang perlu diperhatikan saat membuat
konten. Misalnya untuk tulisan, kamu perlu memperhatikan kata kunci. Begitu
juga dengan postingan foto, perhatikanlah caption atau hashtag yang
sering digunakan. Sementara untuk video, agar makin menarik kamu bisa
menggunakan influencer untuk meningkatkan ‘daya jual’ bisnis.
4. Mobile
friendly
Internet saat ini memang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi
setiap orang. Hampir setiap hari atau setiap waktu kita mengaksesnya. Beberapa
tahun belakangan terjadi perubahan dalam mencari informasi internet. Jika
sebelumnya, kebanyakan orang menggunakan laptop atau PC kini mulai bergeser
ke smartphone.
Hal tersebut memang dipengaruhi oleh meningkatnya pengguna smartphone. menyebutkan
pengguna smartphone di Indonesia mencapai sekitar 70,96
persen. Tentu ini merupakan peluang besar bagi pelaku internet marketing dalam
menunjang kesuksesan bisnis. Kamu bisa membuat aplikasi, pemasaran, atau website yang
bisa diakses melalui smartphone (mobile friendly) ini
untuk menaring calon konsumen baru yang potensial.
5. Bangun
branding yang kuat
Coba kamu telaah kembali, dari mana orang mengenal bisnis kamu?
Apa yang membuat bisnismu beda dari lainnya? Dalam dunia internet
marketing, diperlukan adanya branding untuk menjawab
pertanyaan tersebut. Branding sendiri tidak lain adalah sebuah
usaha yang kamu lakukan untuk mengenalkan bisnis kepada dunia luar. Terlebih
dalam internet marketing, persaingan bisnis pun sangat ketat.
Penting bagi kamu untuk membangun branding yang
menarik melalui media sosial atau website. Satu hal yang perlu
dihindari dalam melakukan branding adalah tonjolkan keunggulan
bisnis. Selain itu, kamu sebaiknya jangan menjatuhkan kompetitor dengan tuduhan
negatif, karena sekali hal ini terjadi maka reputasi bisnismu akan dipandang
sebelah mata bahkan justru menjatuhkan bisnismu sendiri.
0 Comments