Berkembangnya situs jejaring sosial yang begitu cepat telah
menjadi alat yang ampuh untuk para pemilik usaha dalam melibatkan pelanggan dan
sekaligus sebagai alat yang dapat mendorong pertumbuhan pendapatan dari sebuah
bisnis. Media sosial selain merubah cara orang untuk saling terhubung dan
berkomunikasi, media sosial juga merupakan teknologi marketing yang jitu dan
mengubah cara bisnis dilakukan. Menurut sebuah studi terbaru oleh Biro Iklan
Internet, hampir 80% dari konsumen akan lebih cenderung untuk membeli lebih
sering di masa depan karena kehadiran merek di situs jejaring sosial.
Jika Anda saat ini sedang menjalankan bisnis online, maka
Anda mau tidak mau haruslah melibatkan media sosial, karena media sosial dapat
menawarkan Anda kesempatan untuk menyebarkan tentang apa saja tentang yang Anda
lakukan dan merupakan media yang gratis untuk mempromosikan produk Anda. Selain
itu, media sosial juga memungkinkan bagi Anda untuk menjalin hubungan baru,
membangun reputasi dan membawa ide bisnis baru. Pada artikel ini, saya akan
menjelaskan beberapa manfaat dari media sosial untuk perkembangan bisnis online
Anda.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Setiap kesempatan yang ada memungkinkan Anda untuk bisa
meningkatkan awareness mengenai brand (merek) Anda. Jaringan media sosial
disini merupakan saluran bagi ‘suara’ brand dan konten yang Anda miliki.
Hal ini sangat penting karena membuat brand Anda dikenali
dengan mudah oleh banyak orang. Brand awareness juga membuat brand Anda lebih
akrab dengan pelanggan yang sudah ada.
2. Meningkatkan Loyalitas Brand
Dari penelitian yang dilakukan oleh Texas Tech University,
merek atau brand yang terlibat pada media sosial mendapatkan loyalitas yang
lebih tinggi dari pelanggan.
Disimpulkan dari penelitian bahwa perusahaan harus
memanfaatkan tools media sosial untuk berhubungan dengan pelanggan. Strategi
media sosial bisa mempengaruhi pelanggan menjadi pelanggan yang setia pada
brand Anda.
3. Kesempatan Konversi Lebih Besar
Setiap postingan yang Anda buat di media sosial adalah
sebuah kesempatan bagi Anda untuk mendapat konversi dari pelanggan. Postingan
di media sosial memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke pelanggan baru maupun
lama.
Pelanggan dapat berinteraksi pada setiap posting yang Anda
lakukan, baik konten gambar, video atau teks. Setiap interaksi tersebut dapat
mengarahkan pelanggan ke website dan terjadilah konversi Memang tidak
semua interaksi berujung pada konversi, namun interaksi yang positif
meningkatkan kemungkinan untuk terjadi konversi.
4. Tingkat Konversi Yang Tinggi
Promosi melalui media sosial menghasilkan tingkat konversi
yang lebih tinggi dalam beberapa cara. Salah satu elemen yang paling signifikan
dalam hal ini adalah personalisasi dari media sosial.
Pasalnya media sosial menjadikan sebuah brand atau
perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan. Media sosial merupakan tempat
dimana brand dapat berinteraksi dengan pelanggan.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat
menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan promosi
atau marketing tradisional. Para follower di media sosial juga cenderung
memiliki tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang tinggi pada suatu brand.
5. Otoritas Brand Yang Tinggi
Berinteraksi dengan pelanggan secara rutin menunjukkan
hubungan yang baik dan merupakan contoh bagi pelanggan lainnya. Ketika
seseorang ingin membicarakan suatu kebaikan akan sebuah brand, mereka umumnya
melakukan hal itu melalui media sosial.
Ketika brand Anda mulai dibicarakan secara positif, itu
artinya akan ada lebih banyak orang yang akan mem-follow media sosial Anda.
Apalagi jika Anda berinteraksi dengan influencer besar di platform media sosial
besar seperti Twitter, Instagram dan Facebook.
6. Meningkatkan Inbound Traffic
Tanpa media sosial, inbound traffic website Anda terbatas
hanya pada orang-orang yang sudah mengenal brand Anda.
Semua media sosial yang Anda gunakan merupakan sebuah jalan
bagi orang lain untuk memasuki website Anda. Media sosial juga merupakan sarana
untuk menyampaikan konten yang bisa menarik pelanggan baru.
Semakin baik kualitas sebuah konten di media sosial, maka
semakin banyak inbound traffic yang akan dihasilkan. Dengan demikian akan
semakin banyak pula lead dan konversi yang terjadi.
7. Penurunan Biaya Pemasaran
Menurut Hubspot, 84% dari ahli pemasaran menemukan bahwa
waktu enam jam dalam seminggu cukup untuk meningkatkan traffic. Namun demikian,
waktu sebanyak enam jam tidak signifikan untuk saluran sebesar media sosial.
Jika Anda meluangkan satu jam dalam sehari untuk
mengembangkan konten dan strategi, maka Anda dapat melihat hasilnya secara
perlahan namun langsung. Bahkan iklan berbayar melalui Facebook dan Twitter
juga dapat dikatakan murah (tergantung pada tujuan Anda).
Mulailah dengan budget rendah namun dilakukan dengan cara
yang tepat.
8. Peringkat Google Yang Lebih Baik
SEO adalah cara terbaik untuk mendapatkan traffic yang
relevan dan bagus dari mesin pencari. Namun kini parameter untuk menentukan
tingkat hasil pencarian selalu berubah-ubah mengikuti kemajuan yang ada.
Sekarang Anda tidak cukup hanya dengan mengupdate blog agar
menghasilkan SEO yang baik. Melainkan Anda harus melakukan banyak pekerjaan
seperti memastikan judul, menentukan meta tag, hingga mendistribusikan link
website Anda.
Google dan mesin pencari lainnya sangat mungkin menghitung
peringkat dengan menggunakan media sosial. Pasalnya hampir semua brand yang
kuat selalu menggunakan media sosial.
Menjadi aktif di media sosial sama saja dengan memberi
sinyal mengenai keberadaan brand Anda pada mesin pencari. Anda ingin memastikan
mesin pencari bahwa brand Anda terlegitimasi dan dapat dipercaya.
Itu semua berarti, jika Anda ingin mendapat peringkat atas,
maka Anda harus memiliki media sosial yang kuat.
9. Pengalaman Pelanggan
Media sosial merupakan saluran komunikasi layaknya handphone
atau email. Semua interaksi Anda dengan pelanggan adalah sebuah kesempatan
untuk berkomunikasi mengenai produk serta layanan pelanggan Anda.
Misalnya saja ada pelanggan yang mengeluh melalui Twitter. Anda
bisa langsung menjawab komentar tersebut dan melakukan tindak lanjut untuk
memperbaiki kesalahan.
Atau misalnya justru ada pelanggan yang puas dengan produk
serta layanan Anda. Melalui media sosial, Anda bisa mengucapkan terima kasih
dan merekomendasikan produk lainnya, Hal ini merupakan pengalaman bagi
pelanggan dimana mereka sadar mengenai kepedulian yang Anda berikan.
10. Manfaatkan Customer Insight
Media sosial memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi
mengenai ketertarikan pelanggan dan bagaimana perilaku mereka (customer
insight).
Misalnya Anda memperhatikan komentar di media sosial. Dari
sana Anda bisa melihat isi pikiran orang lain secara langsung mengenai bisnis
Anda. Kemudian Anda juga bisa melihat mana saja konten serta produk yang paling
banyak menarik perhatian pelanggan.
Selain itu, media sosial juga memungkinkan Anda untuk
mengukur konversi berdasarkan promosi di setiap platform media sosial. Hal ini
akan berguna untuk menemukan strategi dalam menghasilkan pendapatan.
0 Comments