Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat inni dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis.
Hadirnua sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai saran beragam internet tools membuat kegiatan promosi usaha Anda lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.
Ada 4 Kelebihan Media Online:
1. Jangkauan konsumen yang luas dan mendunia
Penngguna dugital marketing seperti teknik SEO ( Search Engine Optimization) pada mesin pencarian google, iklan di media onlinee, hingga iklan di sosial media tentu akan bisa menjangkau konsumen yang cukup luas, siapapun yang mengakses array tersebut akan menjangkau konsumen tenyang pelayanan atau servis yang Anda berikan. Tidak hanya dari dalam iklan atau informasi bisa samai ke luar negri bahkan ke seluruh dunia,
2. Kombinasi sumber daya bisa memaksimalkan hasil
Bicara sial konsep dasar digital marketing ini, And bisa dengan leluasa memaksimalakan sumber daya apapun yang bisa mendukung kegiatan bisnis dalam digital merketing. Misalkan, dengan mengunakan office account dimedia sosial agar telihat lebih elegan, profesional, dan terpecaya. Lalu ditambah lagi dengan kampanye melalui media story Youtube seperti beberapa bisnis digital yang lagi trend saat ini.
3. Memperkirakan jumlah dan spesifikasi jangkauan calon konsumen
Kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pembisnis adalah bisa memprediksi jangkauan konsumen. Anda bisa menargetkan calon pembeli atau konsumen berdasarkan usia, permintaan, tingkat pendidikan, gander, hingga perilaku keseharian yang terpukau di media sosial.
4. Waktu pencapaian relatif lebih cepat, mudah dan murah
Kampanye digital untuk melejitkan bisnis tentu memberikan dampak atau hasil yang jauh lebih cepat dan murah dibandingkan dengan cara konvesional. Lebih cepat mengena pada calon konsumen karena jangkauan luas dalam waktu yang bersamaan. Sementara murah pada beberapa teknik tertentu, karena konsep digital marketing juga bisa saja mahal karena strategi yang diterapkan membutuhkan sumberdaya yang banyak.
Digitl marketing in secara luas juga memiliki target yang sama dengan pemasaran konvesional. Yaitu target agar calon konsumen membeli langsung produk yang Anda tawarkan, atau merubah perepsepsi dan cara pandang konsumen terhadap suatu produk/brand Anda. Pemasaran untuk pembelian secara langsung hanya berlaku jangka pendek yaitu produk terbeli dan menjaga pengulangan pembelian terjadi. Namun pemasaran dengan tujuan brand, akan memberikan dampak jangka panjang berupa kenaikan populiaritas brand akan meningkat.
Bahkan dalam perkembangan saat ini pemasaran dengan metode pemanfaatan internet bisa dilakukan dengan advertorial, yaitu berita yang menampilkan produk Anda. Sehingga secara tidak langsung akan mengajak calon konsumen yang membutuhkan untuk membeli produk yang dipasarkan.
0 Comments