Bisnis
franchise atau bisnis waralaba merupakan sebuah metode membuka bisnis dengan
nama, merek dagang hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Ambil
contoh merek bisnis Franchise terkenal seperti McDonald’s, 7-Eleven, Dunkin’
Donuts, Pizza Hut, Circle K dan banyak lagi. Semua merek bisnis franchise
terkenal dan telah Anda percaya kualitasnya.
1. Memulai Bisnis Lebih Cepat
Membuka
bisnis franchise jauh lebih cepat daripada membuka bisnis perseorangan. Hal ini
dikarenakan, franchise sudah memiliki model bisnis dan pemilik franchise
mungkin sudah memiliki panduan agar pemegang bisnis bisa mengikuti cara sukses
tersebut.
Anda
tidak perlu repot membuat menu, memikirkan proses dan model bisnis, sehingga
masa perencanaan bisnis menjadi lebih mudah. Jika Anda ingin membuka bisnis
lebih cepat, franchise bisa menjadi pilihan Anda.
2. Pelatihan dan Dukungan
Franchise
adalah bisnis tim, sehingga pemilik franchise akan selalu meningkatkan dan
mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua toko
franchise beroperasi sesuai standar tertentu.
Untuk
itu, pemengang bisnis franchise dan karyawan akan mendapatkan pelatihan dan
dapat mengandalkan dukungan dari pemilik bisnis franchise. Termasuk aspek
operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan hingga
membangun relasi yang baik dengan pelanggan.
Jangan
takut atau malu untuk menanyakan masalah Anda, karena bagaimanapun juga
kesuksesan Anda ada kesuksesan mereka.
3. Panduan Memilih Lokasi
Menentukan
lokasi bisnis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengusaha
retail. Tentu Anda mengingkan area yang ramai dilalui pejalan kaki dan tidak
terlalu banyak pemilik bisnis sejenis.
Tak
perlu khawatir, seringkali pemilik bisnis franchise yang sudah mapan akan
membantu Anda menemukan area yang optimal. Mereka akan melakukan penelitian
manakah area yang paling sesuai untuk bisnis mereka.
4. Merek yang Terkenal
Jika
Anda membuka bisnis baru Anda sendiri dengan produk yang hebat, namun bagaimana
masyarakat tahu tentang bisnis Anda? Butuh waktu bertahun-tahun bagi para
pengusaha retail untuk membangun reputasi dan pelanggan yang setia.
Berbeda
jika Anda membuka bisnis franchise dengan mereka yang sudah dikenal, akan
menjadi lebih mudah bagi Anda karena masyarakat sudah mengetahui merek dan
kualitas produk Anda.
5. Pembelian Dalam Jumlah Besar
Mungkin
Anda tidak memperhatikan keuntungan yang satu ini, namun hal ini jelas
memberikan perbedaan antara bisnis franchise dengan bisnis perseorangan.
Franchise mewajibkan semua toko menjual produk yang sama dan membelinya stok
produk atau bahan dari satu tempat yang sama untuk menjaga kualitas produk.
Hal
ini memungkinkan pemilik franchise membeli bahan dalam jumlah yang besar untuk
memenuhi kebutuhan semua pemengang franchise. Misalkan, bisnis perseorangan
akan membeli stok bahan dalam jumlah 100 unit, sementara bisnis franchise bisa
membeli dalam jumlah 100.000 unit untuk semua toko franchise yang tentu saja
dengan harga yang lebih murah.
6. Biaya Pemasaran
Bisnis
retail kecil atau perseorangan biasanya mendapatkan pelanggan berdasarkan
rekomendasi dari mulut ke mulut, media sosial dan lainnya. Mereka melakukan
semua strategi pemasaran sendiri sesuai dengan kemampuan mereka.
Lain
halnya dengan bisnis franchise, pemilik franchise akan membantu mengembangkan
program pemasaran melalui dana pemasaran kooperatif. Program dimana pemegang
franchise dapat membayar strategi pemasaran dengan bantuan pemilik franchise,
seperti promo di toko franchise tertentu atau acara khusus yang berlangsung
hanya di satu toko franchise saja.
7. Dukungan Rekan Franchise
Salah
satu keuntungan membuka bisnis franchise adalah jaringan sesama pemegang bisnis
franchise ini. Kesuksesan satu toko franchise akan membantu keuntungan
rekan-rekan pemengang franchise lainnya.
Selain itu, memiliki bisnis dalam satu
merek yang sama memungkinkan setiap pemengan franchise saling memberi saran dan
dukungan. Menjalankan bisnis sendiri tidak akan terasa seperti melakukannya
sendirian.
0 Comments